Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Selasa, 17 April 2018

LM386 Bukan Op-Amp!? Penjelasan prinsip kerja Power-Amp LM386

Miftakhul Khanan

Bagaimana sih cara kerja IC LM386, tanpa panjang lebar langsung saja simak percakapan antar dosen dan mahasiswa ini di luar jam kuliah.

A: pak, cara ngitung IC LM386 bgmn?
B: ngitung apanya?
A: penguatannya, penguatan tegangan.
B: IC LM386 adalah IC (integrated circuit) special purpose , atau didesain khusus sebagai penguat daya. Pengaturan penguatab tegangan bs kita lihat di datasheet yg dikeluarkan oleh pembuatanya. Di datasheet tsb ada application note, besarnya penguatan teoretisnya tergantung pada konfigurasi yg mana yg sesuai dari rangkaian kita dng app note.
A: terus itungan penguatan tegangannya?
B: itungan penguatan tegangannya Vo/Vi
A: maksudnya secara perhitungannya bgmn pak?
B: IC LM386 itu bukan op amp, tapi IC special purpose penguat daya. Pengaturan penguatan tegangannya tidak seperti op amp, tetapi sesuai yg ditulis di datasheet. IC LM386 didesain khusus memiliki bagian gain control. Penguatannya tergantung dr setting gain control seperti yg ada pd datasheet tsb.
IC LM386 ini berbeda dng op amp. op amp adalah memang "operational amplifier" untuk mengoperasikan aritmatik atau komputasi analog persis utk perkalian, penambahan, integral, turunan, dsb.
IC LM386 ini utk menguatkan daya.
A: penguat data itu Power Amplifier ya pak?
B: Iya, kan memang bahasa inggrisnya begitu. Power amplifier itu biasanya parameternya adalah power gain, impedansi input, impedansi output. Cara mengukur power gain ya yg kemarin sudah kamu bahas itu yg sampai decibell segala itu. Tegangan output yg terukur bisa saja tdk sama dengan konstanta penguatan pd application note karena tegangan output bs terpengaruh oleh beban. Misalnya teoretis sesuai dataheet penguatannya 20 kali, nanti ketika diukur bs sj kurang dr itu tergantung pd bebannya, kan ada impedansi output dan load.
A: terus kl cara mengukur impedansi bgmn pak?
B: cara mengukur impedansi input bs menggunakan Rs (resistor seri) antara source dng input, lalu Zin = Vin/I, di mana I = V(antara kaki Rs) /Rs. Impedansi output diukur dng mengukur V tanpa beban dan V beban. Zout = (Vtanpa beban - V beban)/(Vbeban/Rbeban)
*dng mengilustrasikan dapatnya rumus tsb*
A: begini pak... Ini tadi ada teman sy yg ditanya ttg IC LM386 itu hitungannya bgmn, terus sudah dijelaskan bahwa pakai application note itu tadi dan ditunjukkan di datasheetnya, tapi masih ditanya hitungannya.
B: hitungan apanya? kl hitungan penguatan tegangannya ta Vo/Vi, diukur
A: bukan pak, ya pokoknya hitung2annya, tadi sudah ditunjukkan di datasheet, sampai pada bagian gain controlnya juga, tapi tetap akhirnya tadi dia dibilang "pokoknya kamu tidak tahu hitungannya kan?", begitu, lalu dia jawab "iya" begitu
B: ow.....

Miftakhul Khanan / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Templateism | Distributed By Blogger Templates20